Dari luar angkasa baru-baru ini menemukan misteri baru. Para ilmuwan menangkap suara misterius di dekat komet 67P Churyumov-Gerasimenko. Suara itu terekam oleh magnetometer wahana antariksa Rosetta yang tengah berada di orbit komet itu.

Rosetta merekamnya pada Agustus 2014 lalu, saat berada di ketinggian 60 kilometer dari permukaan komet. Awalnya, suara misterius tersebut terdengar bagaikan motor yang baru meyala, lalu mulai meninggi.

Ilmuwan menduga, suara itu berasal dari aliran partikel bermuatan di sekitar komet. Namun mereka masih belum sangat yakin apa peyebab suara tersebut, dan masih dalam penelitian. Sebetulnya dari sumber manakah suara itu? Mungkinkah dari alien?

komet-churyumov-gerasimenko-ufo2

Sebenarnya, suara tersebut memiliki frekuensi 40-50 milihertz. Manusia tak bisa mendengarnya karena punya keterbatasan pendengaran pada frekuensi 20-20.000 hertz.

Glabmeier kemudian mengamplifikasi gelombang suara, dan mengunggahnya ke Soundcloud. Suara bisa didengarkan di link atau tautan berikut.


Wahana antariksa Rosetta adalah wahana milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang kini bertugas di komet bebek.

Wahana itu dikirim bersama instrumen robotik Philae yang bertugas untuk mendarat di komet tersebut, yang belakangan akhirnya berhasil mendarat untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia.