Umumnya, saya tidak pernah terlalu fokus dengan kondisi kamar saya. Tetapi kejadian saya ini membuat saya menjadi sangat sensitif terhadap kondisi kamar saya.

Saya tinggal di sebuah kos dekat kampus. Maklum saya kuliah di ibukota. Sambil kuliah saya juga kerja part-time. Jadi bisa dibilang saya sangat jarang berada di kamar kos. Biasanya sepulang dari tempat kerja, saya hanya nonton TV sebentar, kemudian langsung tidur.

Kegiatan sehari-hari saya seperti itu. Itu sebabnya saya baru menyadari ada yang tidak beres dengan kamar saya. Kejadian pertama yang membuat saya menyadarinya adalah pada saat saya sedang beres-beres kamar.

Saya rencananya mau menyapu dan mengepel lain. Bagian bawah ranjang dan dibalik meja pun saya pindahkan biar bisa dibersihkan. Lemari pun saya juga geser. Nah saat itulah saya menemukan sebuah CD terselip di balik lemari pakaian.

CD itu milik teman yang dipinjam saya sudah lumayan lama. Saya sampai lupa pernah pinjam CD itu. Oleh karena itu, pas saya masih ingat, buru-buru saya simpan CD itu untuk segera dikembalikan.

Agak heran juga mengapa CD bisa sampai di situ. Maksud saya, kalau saya mendapat CD, saya seharusnya akan menyimpan di laci meja, atau di rak kecil yang saya biasa pakai untuk simpan barang-barang seperti steples, pena, dan sebagainya. Dipikir bagaimanapun, sepertinya tidak mungkin CD itu bisa sampai menyasar ke balik lemari. Tetapi karena itu kejadian yang sudah sangat lama, saya asumsi ini mungkin ingatan saya yang memang tidak bagus, jadi lupa kalau dulu pernah memindahkannya atau bagaimana.

 

Setelah insiden kecil penemuan CD, hal berikut yang aneh adalah susunan buku di meja. Saya sengaja menata buku secara berdiri di atas meja belajar saya. Suatu hari, saat mau kerjakan tugas kampus, saya terkejut, buku yang seingat saya selalu taruh di tengah-tengah, tiba-tiba sekarang posisinya ada di paling ujung.

Kejadian ini mulai membuat saya merasa ada yang tidak beres. Saya pun mencoba mengobservasi beberapa hal. Saya mereview semua barang yang ada di kamar dan sekalian saya fotoin untuk menjadi pembanding. Setelah beberapa minggu eksperimen kecil, saya menarik kesimpulan memang ada beberapa bagian barang yang berubah.

Inilah menariknya. Barang-barang ini tidak hilang. Mereka hanya berpindah tempat. Umumnya barang-barang yang berpindah ini adalah barang yang saya jarang pakai. Misalnya pena, pensil atau penggaris. Barang ini juga umumnya adalah barang yang tersembunyi, dalam artian, dia kalau tidak di dalam laci meja, berarti tersimpan di rak kecil. Itu sebabnya perpindahan posisi barang-barang ini sangat tidak kentara.

Setahu saya tidak ada yang bisa masuk ke kamar kos saya…. Kecuali pemilik kos. Saya langsung terpikir mungkin dia orangnya. Walaupun dia tidak pernah menyinggungnya, setahu saya umumnya pemilik kos diam-diam punya kunci serep. Mungkin dia yang diam-diam masuk ke kamar?

Saya langsung tanya ke pemilik, dia tidak mengakuinya. Dia menjelaskan kalau dia punya kunci serep. Tetapi dia tidak pernah menggunakannya, kalau bukan untuk hal-hal darurat.

Karena saya tidak punya bukti, akhirnya saya memutuskan untuk memasang webcam di sudut langit-langit kamar ku. Kamera saya arahkan ke pintu. Jadi kalau memang ada yang masuk ke kamar, wajahnya akan terpampang jelas. Ini bisa jadi barang bukti andaikan memang ada yang masuk ke kamar.

Barang saya yang pindah atau hilang, biasanya barang-barang gak penting dan jarang diperhatikan. Oleh karena itu susah untuk mengetahuinya kalau dia pindah tempat atau hilang. Jadi saya memutuskan untuk mengecek rekaman CCTV setiap hari.

Memang agak melelahkan sih, dan kalian mungkin akan bertanya mengapa gak pindah kost lain saja. Nah saya sebetulnya agak malas pindah mengingat banyaknya barang saya, dan lagipula barang berharga saya tidak pernah hilang. Oleh karena itu saya menganggap investigasi kecil ini sebagai kegiatan sampingan saja.

Beberapa hari awal, saya rajin cek cctv, tapi lewat tiga minggu saya malas cek lagi. Tapi saya tetap membiarkan CCTV saya jalan saja. Hitung-hitung buat keamanan kamar.

Kemudian, terjadilah kondisi itu….

Kejadiannya saat saya sedang mencari flashdisk saya. Saya punya dua flashdisk untuk simpan data. Yang 2GB dan yang 16GB. Selama ini saya selalu menggunakan 16GB dan saya taruh di dalam tas kuliah saya. Sedangakn 2GB itu karena sudah jarang kepakai, saya taruh di dalam laci meja saya.

Karena pas kejadian itu, pacar saya ambil flahsdisk 16GB, saya terpaksa harus copy tugas kuliah ke yang flashdisk 2GB itu.

Tetapi flashdisk itu tidak ada di dalam laci!

Saya sangat yakin flashdisk itu berpindah tempat. Karena tidak mungkin saya sentuh flashdisk 2GB itu sama sekali. Karena itu, saya segera mengakses laptop dan melihat rekaman webcam kemarin. Saya fast forward dan fokus ke meja. Tetapi kemarin tidak ada yang berubah.

Setelah itu saya cek dua hari lalunya. Dan seterusnya.

Pada akhirnya saya sudah mundur 8 hari sebelum kejadian. Dan di sinilah saya menemukan sesuatu yang sangat aneh dan membuat bulu kuduk saya berdiri kalau memikirkannya.

Sebelumnya saya harus ceritakan kembali posisinya biar kalian ada gambaran. Pintu masuk kamar saya ada di sebelah kiri kamar. Saya memasang webcam di sebelah kanan atas. Nah, di sebelah kanan kamar adalah meja dan lemari. Lemari menempel ke sisi kanan, dan meja di sebelah kirinya.

Dari posisi webcam, saya bisa melihat pintu dan meja belajar saya.

Jadi harusnya kalau ada yang masuk dan buka laci meja, akan kelihatan. Saya tadinya berharap bisa menemukan pelaku, tetapi apa yang saya lihat sangat menyeramkan!

Saat di malam hari sekitar jam 1 subuh, kondisi kamar gelap. Tetapi masih bisa terlihat kondisi dalam kamar. Semuanya diam. Lalu tiba-tiba ada sebuah bayangan hitam, atauΒ  mungkin tepatnya asap, muncul. Saya sulit mendeskripsikan apa itu.

Yang pasti itu tidak datang dari pintu kamar. Dia datang dari sebelah kanan. Seolah-olah berasal dari lemari pakaian. Karena keterbatasan webcam, saya tidak bisa melihat apa yang terjadi pada lemari. Bayangan hitam itu terkadang kalau dilihat berbentuk seperti wanita dengan rambut terurai. Tetapi saya tidak bisa melihat seksama. Saya kecewa mengapa kualitas kamera yang saya beli ini terlalu rendah. Dia datang dari sisi kanan kemudian berdiri (atau melayang) sekian lama di depan meja belajar, kemudian menuju ke arah kanan lagi hingga tidak terpantau oleh kamera.

Saya sangat yakin itu adalah penampakan hantu!

Namun karena rasa penasaran yang tinggi, kali ini saya memberanikan diri untuk mengarah kamera ke sebelah kanan. Kali ini kamera mengintai ke bagian meja belajar dan lemari pakaian. Tetapi ternyata malam berikutnya sudah tidak ada lagi. Tidak heran sih, mengingat penampakan itu juga terjadi 8 hari lalu. Jadi memang bukan terjadi setiap hari.

Namun karena hal itu, jujur saya sekarang tidak berani sering-sering buka lemari pakaian. Saya takut ada sesuatu yang keluar. Jadi sekarang banyakan baju saya taruh di kursi.

Kejadian terakhir ini mungkin terjadi sekitar seminggu lalu. Saya waktu itu sedang mengecek hasil rekaman, untuk menemukan ada yang aneh tidak. Semenjak kejadian penampakan yang tertangkap webcam, saya menjadi rajin mengecek hasil rekaman.

Oleh karena itu, saat rekaman saya mulai menangkap sesuatu yang keluar ke dari lemari, saya langsung semangat. Bayangan itu kali ini melayang ke meja lagi. Ada di sana cukup lama. Saya tidak begitu yakin apa yang dia lakukan. Tapi saya menebak pasti ada barang-barang tertentu dalam laci saya yang sekarang entah pindah tempat ke mana.

Setelah di meja cukup lama, dia kembali ke lemari pakaian. Sepertinya siap-siap untuk masuk kembali ke dalam lemari. Tetapi saat di tengah-tengah, dia berhenti.

Saya tertegun.

Dia seperti menyadari sesuatu. Walaupun saya tidak bisa melihat dengan jelas bayangan hitam itu berbentuk orang atau tidak, tapi saya bisa merasakan dia sedang menatap webcam. Saya yang sedang melihat rekaman, merasa bulu kuduk berdiri tinggi setinggi-tingginya.

Dia kemudian langsung melayang ke arah CCTV!!!

Saya hampir terjungkal dari tempat duduk. Saya bisa melihat bentuk wajah di balik bayangan itu, walaupun tidak jelas. Dia sepertinya sangat marah.

Dan saya yang sedang duduk di meja belajar, melihat sebelah kanan saya. Lemari pakaian saya. Dan saya merasakan sangat dingin sekali sekarang, padahal kamar saya hanya ada kipas angin. Saya merasakan seperti sedang ada yang memperhatikanku sekarang di belakang saya.

Kalau mau dibilang perasaan, saya tidak tahu juga. Saya baru saja melihat rekaman penampakan.

 

Akhirnya, saya buru-buru pindah ke kost lain akhirnya. Saya tidak pernah berhasil mencari tahu siapa hantu itu. Apa tujuannya memindahkan barang-barang saya. Saya hanya belakangan menemukan sebuah istilah yang disebut Disappearing Object Phenomenon (DOP) yang mirip dengan kondisi saya. Namun kalau DOP umumnya orang masih belum tahu apa penyebabnya, saya berbeda. Saya berhasil menangkap rekamannya.