Mayat asli atau patung sepertinya memang sulit dibedakan. Ketika patung di salah satu salon pengantin Meksiko diperdebatkan, ternyata di Amerika Serikat pernah kejadian adanya mayat asli di salah satu wahana permainan mereka.

Kejadian ini bermula ketika sebuah stasiun TV sedang merekam acara The Six Million Dollar Man di Taman Wisata Pike, California pada tahun 1976. Lokasi syuting di salah satu wahana bernama “Laff in the Dark.” Wahana ini berupa roller coaster di daerah gelap penuh dengan tengkorak, monster, orang yang digantung, setan yang tiba-tiba muncul untuk menakut-nakuti pengunjung.

Saat proses pengambilan film, salah seorang kru melihat, yang dikiranya patung, tergantung di sebuah gantungan kuno. Dia kemudian meraih lengan patung itu, tetapi lengannya tiba-tiba lepas. Ketika dilihat, bagian dalam lengan ini seperti tulang. Setelah diteliti oleh staf lebih lanjut mereka mulai menyadarinya. Ini bukan patung. Ini manusia.

Polisi pun dihubungi. Dan setelah dicek datanya, dipercaya mayat tersebut adalah Elmer McCurdy, seorang penjahat kelas kakap. Tahun 1911, 65 tahun yang lalu, Elmer merampok kereta api, dan terjadi saling tembak antar polisi dengan perampok. Pada akhirnya dia tewas tertembak.

Mayatnya di bawa ke Pawhuska, tetapi tidak ada yang mengambil mayatnya. Sang penjaga kuburan pun memutuskan mengawetkan mayat Elmer dan dijadikan sebagai pajangan untuk mendapat uang tambahan. Seorang manajer karnaval melihat peluang itu, akhirnya berhasil mendapat mayat Elmer. Dia mengaku sebagai relatif Elmer, dan bermaksud ingin memakamkannya.

mayat-elmer-di-peti

Mayat Elmer McCurdy di dalam peti mati ketika masih berada di Pawhuska menjadi pajangan.

 

Namun bukannya dimakamkan, mayat Elmer dijadikan atraksi di karnaval. Selama 65 tahun itu mayatnya berpindah-pindah tangan dari dijadikan atraksi hingga akhirnya sampai ke Taman Rekreasi Pike menjadi ornamen pajangan. Orang-orang sudah lupa kisah Elmer, hingga akhirnya dia tanpa sengaja ditemukan oleh kru stasiun TV.

Setelah polisi yakin mayat tersebut merupakan Elmer McCurdy, mereka pun membawanya kembali ke Oklahoma dan memakamnay. Di atas petinya sudah diberi semen tebal untuk memastikan mayatnya tidak diambil kembali. Terkadang hal yang paling tidak terpikirkan bisa saja menjadi kenyataan. Seperti fakta adanya mayat di taman rekreasi. Tidak menutup kemungkinan taman wisata di sini juga ada kejadian seperti ini…